Jumat, 09 Agustus 2013

Capcay Jawa

Setiap daerah memiliki nama yang berbeda-beda untuk setiap makanan atau masakan. Ada yang memiliki nama masakan sama, namun ketika dilihat, masakan itu akan sangat berbeda. Saya teringat pengalaman saya ketika pergi ke kota Magelang, jawa Tengah. Saat itu saya membeli capcay, ketika saya melihat masakannya, saya bingung karena yang disajikan berupa bakwan ditambahkan sayuran. Sangat berbeda dengan capcay daerah asal saya, Jakarta. Oleh karena itu, karena di sini (Jakarta) cukup sulit mencari capcay Jawa, saya mencoba menuliskan resep capcay Jawa.


Bahan-bahan :
100 gr kol, potong kecil
150 gr Kembang Kol, potong kecil
100 gr Wortel,iris tipis
50 gr Daun Bawang
2 butir Bawang Putih
3 butir Kemiri
Hati Ayam, Bakso, Sosis, potong kecil
Saos, Cabe Rawit dan Kecap Manis Bango sebagai pelengkap
Minyak untuk menggoreng
Irisan Daun Seledri dan Bawang Goreng untuk taburan
Garam secukupnya, tambahkan penyedap rasa kalau suka

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
2 butir kemiri
1/4 sdt lada

Bakwan :
250 gram Tepung Terigu
1 butir telur Ayam
2 siung bawang putih, dihaluskan
merica bubuk secukupnya
Air secukupnya


Cara memasak :
Bakwan :
1. Aduk semua bahan bakwan. Goreng adonan bentuk bulat seperti pizza, tunggu sampai kecoklatan, angkat.
2. Potong-potong gorengan adonan tadi kecil-kecil kira-kira 1-3 cm atau sesuai selera.

Capcay :
1. Tumis bumbu halus hingga berbau harum
2. Masukkan satu butir telur ayam, ke dalam tumisan bumbu, aduk-aduk.
Tambahkan potongan sayuran dan bahan pelengkap, tambahkan air secukupnya untuk mematangkan sayuran.
Terakhir masukkan bakwan, tambahkan garam dan penyedap rasa bila suka.
Taburi dengan bawang goreng dan irisan daun seledri.
Disajikan dengan cabe rawit, saos dan Kecap Bango.