Senin, 01 Desember 2014

Cara Membuat Gigi Lebih Putih

Memiliki gigi putih tentu mnjadi dambaan semua orang. Bila kita tersenyum memamerkan deretan gigi putih yang tersusun rapi, akan menambah kepercayaan diri kita dan membuat penampilan lebih menarik. Untuk membuat gigi lebih putih ada metode pemutihan biasa yang dapat dilakukan dengan mudah, seperti memilih pasta gigi, obat kumur, pembersih gusi, hingga mendapatkan perawatan profesional yang cukup mahal.

Di samping itu, masih ada tips lain yang juga dapat dengan mudah Anda lakukan layaknya kebiasaan sehari-hari, yang dapat membantu mencerahkan senyum Anda. Nah, berikut 9 cara tak terduga yang membuat gigi lebih putih !

1. Hindari Menggunakan Baking Soda
Baking soda mungkin selama ini dikenal sebagai salah satu bahan pembersih yang memiliki banyak manfaat untuk rumah tangga Anda, tetapi tidak untuk gigi! Senyawa kimia yang terdapat pada baking soda bersifat abrasif, yang berarti akan membantu menghilangkan noda, tetapi juga bisa berbahaya karena lama-kelamaan bisa mengikis enamel (lapisan pelindung alami pada gigi). Dampaknya justru akan menyebabkan warna gigi Anda semakin gelap.

2. Hindari Mengonsumsi Makanan Berwarna Gelap
Ada beberapa makanan dan bumbu dapur yang ternyata tidak boleh dimakan, karena akan membuat warna gigi menjadi lebih gelap. Seperti yang diutarakan dokter gigi DebraGlassman, sebaiknya hindarisaus marinara, blueberry , dan kecap. Menurutnya, makanan dengan pigmentasi yang sangat gelap dapat menyebabkan warna gigi berubah. Jika Anda sedang diet dan memasukkan daftar blueberrykedalam menu diet, cobalah ganti dengan buah lain.

3. HindariMengonsumsi Minuman Berenergi
Selain menghindari minuman berwarna pekat yang biasa (kopi, teh, dan anggur merah), hindari pula minuman yang mengandung energi. Asam yang dikandung dalam minuman jenis ini, menurut drg Glassman, dapat memiliki efek mengikis enamel gigi, seperti halnya ketika mengonsumsi jeruk. Agar aman dan gigi terlindungi, minumlah semua jenis minuman tadi menggunakan sedotan.

4. Rutin GantiSikat Gigi
Senyum putih bisa didapat semudah Anda mengganti sikat gigi bekas, lho! Menurut drg Glassman, "Ganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali, atau segera setelah Anda melihat sebagian besar bulu mulai membungkuk dan terlihat berantakan." Setelah menggantinya dengan yang baru, sikatlah gigi dengan benar.

5. Menyikat Lidah
Menyikat lidah tak hanya akan membuat napas lebih segar. Drg Glassman mengatakan, menyikat lidah juga dapat membantu mencegah warna gigi berubah. Mengapa lidah dapat mengubah warna gigi? “Lidah menumpuk bakteri, yang akhirnya dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi,” katanya.

Gunakan sikat gigi yang lembut dengan tangkai yang panjang, lalu sikat mulai dari bagian lidah paling belakang ke arah depan lidah. Setelah itu, bilas sikat Anda hingga benar-benar bersih, jangan sampai ada bakteri yang tersisa dan menempel pada sikat.

6.Berkumur dengan Cuka Sari Apel
Meskipun tidak seefektif metode lainnya, namun melakukan perawatan ini juga sangat penting. Ada satu cara alami dan organik untuk mempertahankan senyum yang sehat. Drg Glassman menyarankan, berkumurlah secara rutin dengan air yang dicampur cuka sari apel (2 bagian air dan 1 bagian cuka sari apel). Berkumurlah selama 1 menit (60 detik).

7. Makanlah Buah danSayuran Mentah
Makan buah-buahan, sayuran, dan makanan renyah lainnya, sangat baik untuk tubuh dan gigi Anda. Drg Glassman mengatakan, makan kacang-kacangan, wortel mentah, apel, dan kembang kol dapat membantu menjaga gigi tetap bersih, karena makanan ini akan secara alami mengikis noda pada permukaan gigi (plak), yang akan menyebabkan gigi berlubang.

8. Pilihlah Pemutih Bentuk Gel, Bukan Strip
Sejumlah ahli menyarankan pasiennya menggunakan pemutih gigi bentuk strip. Namun drg Glassman mengatakan, pemutih gigi bentuk strip tidak dapat mendistribusikan pasta pemutih secara merata pada gigi.

Menurutnya, gigi yang berada dekat garis gusi akan berwarna lebih gelap, sementara pemutih strip tidak dapat mencapai bagian itu. Sebaliknya, ia menyarankan penggunaan pemutih jenis gel yang dapat memutihkan gigi secara merata.

9. Segera Berkumur dengan Air Setelah Makan Jeruk
Kendati jeruk sangat baik untuk mendapatkan asupan vitamin C bagi tubuh, namun buah jeruk dan limau mengandung asam cukup tinggi yang dapat mengikis enamel gigi. Sehingga jeruk dapat dengan mudah meninggalkan noda pada permukaan gigi. Lantas bagaimana cara memperbaikinya? Pastikan berkumur dengan air segera setelah makan jeruk atau buah--buahan asam untuk mencuci zat asam yang dapat merusak gigi.