Kamis, 28 Februari 2013

paduan Gaya Hidup Sehat dan Seni





Kesadaran untuk menerapkan gaya hidup sehat semakin meningkat di kalangan masyarakat Indonesia akhir-akhir ini. Gerakan hidup sehat muncul dimana-mana. Salah satunya dengan kehadiran restoran-restoran vegetarian. Di Jakarta, restoran khusus para pencinta vegetarian ini sudah mulai banyak bermunculan. Go Veggie Restaurant adalah satu diantaranya. Restoran yang berlokasi di Muara Karang Raya ini memang menyajikan menu yang full vegetarian.


Rabu, 15 Februari 2012 lalu Warta Kota mampir di rumah makan ini. Sewaktu kami tiba di sana siang itu, cukup banyak pengunjung yang makan di sini. Karena belum pernah makan di restoran vegetarian, kami tidak mempunyai bayangan soal menu di restoran ini. Dalam bayangan kami, resto vegetarian hanya menyediakan makanan jenis sayur-sayuran. Tetapi betapa terkejutnya kami ketika melihat buku menu. Ada kurang lebih 200 varian menu di restoran ini, mulai dari menu western, menu Chinese, shabu-shabu dan masih banyak lainnya. Luar biasa. Uniknya, bahan makanan itu terbuat dari jamur jamuran, rumput laut, kedelai dan masih banyak lainnya .

Menu-menu ini diolah oleh koki-koki berpengalaman. Untuk menjaga kualitas kesegarannya, Go Veggie menggunakan kompor khusus yaitu kompor blower. Dengan kompor ini, kualitas masakan tetap terjaga sehingga khasiat untuk kesehatan juga tidak berkurang. Selain itu, bahan baku makanan di resto ini semuanya diimport dari Malaysia dan Taiwan. Meskipun demikian, harganya tetap terjangkau yakni berkisaran Rp 20 ribu – 30 ribu-an. Michael Go, pemilik Restoran Go Veggie mengungkapkan cita rasa masakan di restoran ini sangat pas untuk lidah penggemar vegetarian. Selain karena koki yang berpengalaman di dunia kuliner, cita rasa yang mantap ini lahir karena penggunaan kompor blower. Tidak semua koki bisa mengoperasikan kompor ini, hanya koki-koki yang terlatih dan berpengalaman.


Menurut Michael, keunikan restoran ini adalah adanya perpaduan antara gaya hidup sehat dengan seni. Unsur seni di restoran ini bisa dilihat dari design interior dan eksteriornya yang bernuansa modern minimalis. Nuansa ini dipadu dengan ornamenornamen oriental sehingga begitu menarik sebagai tempat makan bagi kaum muda. “Kami berusaha menarik kaum muda untuk mencitai gaya hidup vegetarian melalui seni. Selain desain resto dengan nuansa kaum muda, kami juga sering menggelar live show music. Kami juga mengundang penyanyi-penyanyi terkenal untuk show di sini. Beberapa penyanyi yang sudah pernah tampil di sini, antara lain Keith Martin, Maribeth dan penyanyi-penyanyi mandarin Indonesia,” ujar Michael.

Restoran ini memiliki dua lantai sebagai ruang makan dengan kapasitas total 200 orang. Lantai bawah dengan kapasitas 50 orang didesain bergaya café untuk kaum muda. Sementara lantai atas yang berkapasitas 150 orang didesain sebagai ruang makan sekaligus untuk pertemuan. Di Lantai Dua ini tersedia fasilitas karoke sehingga cocok untuk acara-acara keluarga seperti arisan, ulang tahun atau pun reunian. Nuansa oriental ruangan ini sangat kental dengan lampion-lampion yang bergelantungan. Selain itu, di ruangan di ada panggung kecil untuk pementasan live music.

Sejak dibuka setahun silam, cukup banyak pengunjung yang datang ke sini. “Kami optimis dengan usaha restoran ini. Kesehatan itu mahal. Pola hidup sehat sudah menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan saat ini. Karena itu, kami optimis usaha ini akan maju dan berkembang,” papar Michael Go.