Senin, 22 Juni 2015

Ingin Memiliki Usaha yang Cocok

Memasuki bulan Ramadhan, harga-harga mulai merangkak naik. Dari beras, ayam, minyak sayur, telor dan lain-lainnya. Peningkatan harga-harga akan mempengaruhi keuangan sehari-hari, karena jika dihitung-hitung, kenaikan harga tidah diiringi dengan kenaikan gaji. Apalagi seperti keluarga kecil saya ini, sumber penghasilannya hanya berasal dari satu sumber saja.

Jika keadaan seperti ini, ingin rasanya bekerja lagi atau mencari usaha sampingan yang dapat membantu ekonomi keluarga. Ada seorang teman yang bercerita bahwa ia ingin resign dari tempat kerjaannya karena merasa jenuh dan ingin mencoba usaha dengan berjualan. Namun ia belum tahu pasti usaha apa yang cocok dan dari mana mulainya.

Saat ia masih bekerja, ia mulai mencari-cari dan melihat-lihat tempat usaha di daerah tempat tinggalnya. Saat sedang melihat-lihat dan bertanya-tanya pada pengembang komplek, ada salah satu pemilik ruko yang mendengarnya. Pemilik ruko itu menghampiri teman saya dan bertanya-tanya sedikit tentang maksud kedatangannya disitu. Mungkin dewi fortuna sedang mengikuti teman saya itu. Rupanya pemilik ruko ingin jual ruko beserta isinya yang saat ini masih berjalan. Barang dagangannya adalah plastik-plastik kemasan, kantong-kantong plastik. Ia ingin jual ruko bukan karena tidak ada pelanggan. Pelanggannya cukup banyak dan rutin membeli plastik kemasan darinya. Ia hanya memberi alasan bahwa ia jenuh dengan usahanya.

Tanpa banyak berpikir, teman saya langsung menyetujuinya. Dan baiknya lagi, selama kurang lebih 2 bulan saat ia libur, ia "magang" di rukonya itu. Pemilik ruko sebelumnya dengan sabar mengajarinya. Dari mulai memesan barang, memperkenalkan pada supplier, dll. Mungkin cerita teman saya itu hanya bisa ditemuin 1:1000.

Sempat juga berpikir ingin membuat kost-kost an, tergiur melihat harga kost jakarta. Kebetulan di Jakarta ada rumah orang tua. Namun jika dihitung biaya pembangunan yang cukup besar, rasanya rencana itu harus disimpan dahulu sampai keadaannya memungkinkan.

Saat ini yang saya lakukan mencari kerja online yang dapat dikerjakan dari rumah dan waktunya fleksibel. Mudah-mudah hasilnya dapat terkumpul dan mewujudkan keinginan saya untuk memiliki tempat usaha yang dapat diandalkan.