Jumat, 14 September 2012

Alasan Tubuh Menjadi Gemuk di Akhir Usia 20 Tahunan

Seringkali kita melihat seseorang ketika masih sekolah kurus. Beberapa tahun kemudian ketika bertemu kembali, tubuhnya lebih berisi bahkan sangat berisi alias gemuk. Mengapa hal itu sering terjadi. Kita juga sering berpikir, "Dulu tubuh saya tidak sebesar ini, kenapa sekarang jadi melar?". Ada yang berpendapat, wanita setelah punya anak, tubuhnya akan melar, akan bertambah gemuk. Hal itu tidak 100% benar. Ada faktor-faktor lain yang menyebabkan tubuh cenderung menjadi gemuk setelah berumur 20 tahunan. Tidak hanya berlaku untuk wanita, pria pun akan cenderung menjadi gemuk. Mengapa hal ini terjadi??

1. Kebiasaan Makan yang buruk
Bertambahnya berat badan umumnya terjadi setelah kita mulai bekerja. Menikmati gaji pertama dan cenderung selalu ingin bersenang-senang merupakan awal proses kegemukan tersebut. Apalagi kesibukan kita bekerja, seringkali makan tidak teratur dan porsi tidak seimbang. Pada awalnya kita hanya memaklumi, namun bila hal itu terjadi terus-menerus, hampir dipastikan tubuh kita akan terus berisi.



2. Olahraga Tidak Teratur
Saat kita masih sekolah atau kuliah, kita masih memiliki waktu untuk menggerakkan tubuh (olahraga), sekedar berjalan kaki ataupun bersepeda. Hal ini akan berkurang saat kita mulai bekerja.  

3. Tidur Tidak Teratur
Selepas pulang kerja, kita cenderung ingin melepaskan kepenatan di kantor. Berkumpul bersama-sama teman-teman hingga larut malam dan keesokan harinya bekerja kembali. Hal ini membuat kita kurang tidur dan istirahat. Kehabisan energi, ngemil tengah malam karena lapar dan siang harinya makan dengan porsi tidak seimbang.

4. Kecanduan dan Pesta
Usia 20 tahunan, merupakan kelompok usia yang paling "aktif" berpesta. Minum alkohol, merokok, makan malam bersama tiap malam dan berbagai keseruan saat berpesta memang sangat menggoda. Bila tidak bisa mengontrolnya, bisa menjadi sebuah kebiasaan yang sulit ditinggalkan. Terutama ketika mulai memasuki uasia 30.

Memiliki tubuh yang gemuk menjadi sumber penyakit. Sebelum terlambat, baiknya kita merubah kebiasaan buruk kita ini.