Jumat, 14 September 2012

Walikota Termuda di Dunia Berusia 15 Tahun


Bashaer Othman merupakan satu-satunya Wali Kota termuda di dunia. Pelajar yang masih duduk di kelas 1 SMA Palestina ini dianugerahi jabatan publik sebagai Walikota Allar, Tulkarm,Tepi Barat, Palestina saat berusia 15 tahun. Bashaer yang terpilih dalam program pemberdayaan kaum muda Pemerintah Palestina diberi kesempatan memimpin Kota Allar selama dua bulan, di bawah bimbingan Sulfian Shadid, Wali Kota Allar sebenarnya.



Sesuatu yang menarik ketika kota dipimpin walikota yang masih belia. Kota Allar di Palestina memberi kesempatan kepada kaum muda di kotanya untuk mengikuti program pemerintah Palestina dengan menjadikan sebagai walikota. Walikota muda ini tidak dipilih melalui pemilihan umum yang biasa dilakukan masyarakat seperti memilih walikota tapi dipilih oleh walikota sebenarnya berdasarkan kompetensi atau kemampuan dalam berbagai hal. Bashaer dianggap memiliki kemampuan individual tentang wawasan kenegaraan, sosial, politik dan ekonomi, selain itu wanita ini memiliki kemampuan leadership.

Selama dua bulan jabatannya sebagai walikota, Bashaer bertindak sebagai walikota umumnya. Melayani rakyat Palestina mengenai masalah hukum, kesediaan lapangan pekerjaan dengan mengajak investor untuk berinvestasi di Palestina dan lain-lain. Rabu (12/09/12) kemarin, Bashaer Othman berkesempatan berkunjung ke Indonesia selama dua hari atas undangan World Peace Movement untuk menginspirasi anak muda Indonesia menjadi pemimpin dan mempromosikan perdamaian.