Minggu, 08 April 2012

Tips Menghemat Baterai Laptop


Laptop merupakan salah satu gadget yang penting, terutama untuk kaum eksekutif yang selalu bergantung dengan internet. Berikut ini tips-tips untuk menghemat baterai laptop.

1. Matikan Screen Saver

Matikan saja screen saver dan ganti dengan pengaturan "Turn off Monitor/ LCD". Setidaknya anda akan menghemat daya yang di gunakan oleh monitor/ LCD ketika laptop sedang tidak digunakan.


2. Kurangi Brightness Layar
Layar yang terlalu terang selain akan boros listrik juga akan merusak mata anda. Redupkan saja layar sesuai kebutuhan anda. Konon juga layar monitor adalah salah satu komponen yang paling banyak menyedot daya listrik.

3. Cabut USB yang Tidak Terpakai
Selesai meng-copy file atau data dari flashdisk biasanya kita menunda untuk mencabutnya, hindari kebiasaan ini karena flashdisk akan menyedot listrik dari colokan USB (sama kasusnya dengan modem USB). Bukan cuma USB tapi CD juga sebaiknya dikeluarkan jika sudah selesai digunakan.

4. Uninstall Software yang Tidak di Perlukan
Uninstall atau setidaknya close program aplikasi yang tidak terlalu penting. Selain menghemat listrik proses menyalakan dan mematikan laptop juga akan menjadi relatif lebih cepat.

5. Gunakan Browser yang Tepat
Browser membutuhkan source besar dari sisi hardware (terutama RAM). Jadi bijaksanalah memilih browser sesuai kebutuhan.

6. Putuskan Internet
Putuskan jaringan internet ketika sedang tidak di gunakan, karena mengakses internet mebutuhkan daya yang besar. Matikan wi-fi atau cabut modem ketika sedang tidak digunakan. Jangan membiarkan wi-fi terus menyala bahkan di saat tidak ada sinyal wi-fi karena akan membuat baterai boros.

7. Gunakan Software Penghemat Listrik
Ada satu yang paling efektif dalam mengurangi konsumsi listrik, yaitu menekan kinerja CPU, salah cara praktisnya menggunakan software penghemat listrik,salah satunya software granola.

8. Matikan
Dan yang paling efektif dalam mengemat baterai adalah mematikannya ketika tidak di perlukan. Jangan di biarkan menyala terus menerus, karena saat status komputer idle (tidak di gunakan untuk apa-apa), laptop masih terus menyedot lisrtik.

Itulah tadi beberapa tips menghemat baterai laptop.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat..