Minggu, 11 Maret 2012

Liburan Seru Bersama Si Kecil











Libur panjang merupakan saat yang tempat untuk menghabiskan liburan bersama anak-anak. Inilah beberapa alternatif cara dan tempat wisata yang bisa menjadi inspirasi liburan, seperti yang dikutip dari ehow.



1. Kunjungi Taman Nasional

Jika Anda termasuk pecinta alam, jangan ragu untuk mengenalkan pada si kecil pada dunia alam. Bermain sekaligus belajar, tentu bisa dilakukan di di taman atau kebun. Anda bisa mengajakya berlibur ke Kebun Raya Bogor, Eco Park Ancol, atau bahkan ke hutan lindung di taman nasional.


2. Pergi Berkemah

Berkemah merupakan salah satu cara yang paling mudah dan cukup terjangkau untuk mengobati kepenatan. Berkemah bersama si kecil di pekarangan rumah atau di Bumi Perkemahan Cibubur, Lembah Pertiwi di Cisarua Bogor dan Resort Camp Site yang terletak di Taman Safari, bisa menjadi alternatif Anda. Beberapa tempat kemping biasanya menawarkan beberapa kegiatan menarik, seperti memancing, berenang, berperahu, atau outbond.


3. Melakukan Perjalanan Panjang

Dorong si kecil untuk mengamati hal-hal di sekitar mereka. Lakukan perjalanan panjang sambil melewati pemandangan indah. Hal ini akan melibatkan panca indra mereka, dan membantunya menciptakan rasa ingin tahu. Cobalah untuk rencanankan sebuah perjalanan melewati pegunungan Bromo atau melewati jembatan antik di Palembang.


4. Bermain di Taman Hiburan

Taman bermain seperti Dunia Fantasi, Trans Studio Bandung & Makassar, Waterbom Park Bali, akan selalu menjadi pilihan yang menarik bagi anak-anak untuk habiskan liburan. Di taman hiburan, anak-anak akan 'dipaksa' untuk melakukan banyak kegiatan fisik.

Tentunya, hal ini sangat penting bagi mereka. Para ahli dari Michigan State University, James M. Pivarnik, PhD, dan Karin A. Pfeiffer, PhD, menegaskan kita perlu mendorong anak untuk banyak bergerak, karena ini penting bagi kesehatan jantung, paru-paru, serta membentuk otot.


5. Pergi ke Pameran

Ada anak yang gampang bosan bila hanya diajak melihat-lihat saja. Oleh karena itu, pameran musik atau tari bisa menjadi salah satu cara unik untuk menghabiskan liburan. Rasa ingin tahunya yang tinggi membuat mereka ingin menciptakan sesuatu. Misalnya, saat melihat orang menari, dia jadi ingin menari sesuai gayanya.


6 Kunjungi Museum

Ini merupakan salah satu media pembelajaran sekaligus bermain yang efektif bagi anak-anak. Museum budaya dan sejarah dapat membuat anak lebih menghayati pelajaran sejarah yang diajarkan di sekolah. Selain itu, mereka bisa lebih menghargai perbedaan.



Sumber: wolipop.detik.com