Kamis, 22 Maret 2012

Tumbuh Kembang Anak Balita


Bunda...
Bertambah besarnya anak kita, tentu ia semakin pintar. Ingin tahu apa saja kemampuan anak yang sesuai dengan usia mereka selama balita?? Berikut paparannya..




Tumbuh kembang 1 tahun
Di usia 1 tahun pertumbuhan fisik anak idealnya 3 kali berat lahirnya, tinggi badan 1,5 kali tinggi badan saat lahir.

Perkembangan motorik kasar

  • Anak sudah mampu berdiri
  • Bangkit untuk berdiri dan berjalan sambil berpegangan
  • Seiring bertambahnya usia, ia bisa berjalan dengan mantap, bahkan sudah bisa berlari di usia 18 bulan.


Perkembangan motorik halus :
  • Anak mampu mengambil benda kecil dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk
  • Memasukkan mainan kedalam kotak
  • Mampu meniru membuat garis
  • Belum bisa memegang alat tulis dengan benar


Perkembangan kognitif :
  • Anak bisa mengikuti perintah sederhana
  • Menunjukkan mainannya saat diminta
  • Bereaksi jika detanya (melihat, manoleh, bergerak)
  • Ia berada pada tahap sirkular tertier yang ditandai dengan melakukan cara-cara baru untuk mencapai tujuan tertentu.


Perkembangan sosial kemandirian :

  • Mampu menunjuk dan meminta sesuatu
  • Bermain dengan anak lain
  • Melambaikan tangan saat ditinggal pergi
  • Membangun kedekatan dengan beberapa orang terdekat


Perkembangan emosi :

  • Anak mulai merasakan takut ditinggal sendirian, tapi merasa gembira saat mendapat mainan baru.



Tumbuh kembang 2 tahun
Di usia 2 tahun berat badan idealnya 4 kali berat lahir, tinggi badannya 1,5-2 kali tinggi badan saat lahir.

Perkembangan motorik kasar :

  • Anak bisa melompat dua kali sekaligus.
  • Bisa memanjat
  • Naik turun tangga dengan satu kaki per anak tangga.
  • Beberapa anak bahkan mampu berdiri dengan satu kaki selama 2 detik.
  • Perkembangan motorik halus
  • Bisa membuka botol dengan memutar tutupnya
  • Membuat garis spontan
  • Menyusun menara dari 8 kubus 

Perkembangan kognitif :

  • Berada pada tahap praoperasional (2-7 tahun) yakni menggunakan simbol, seperti kursi untuk benda yang didudukinya.
  • Bisa menggunakan kata/gambar dalam pikirannya.
  • Mampu membuat gambar tertentu, misalnya kubus dan menjelaskannya sebagai rumah.
Perkembangan bahasa :

  • Menguasai 800-an kata.
  • Makin cerewet
  • Menjawab pertanyaan dengan dua kata, seperti, "minum susu"
  • Memahami kalimat yang lebih rumit
Perkembangan sosial kemandirian :

  • Mampu melepaskan/memakai pakaian.
  • Menyikat gigi.
  • Menunjukkan ketertarikan pada anak lain.
  • Belajar mengantre, berbagi dan mematuhi aturan main.
Perkembangan emosi :

  • Menunjukkan rasa marah dengan berteriak, membanting benda berguling-guling di lantai dan belum menunjukkan rasa malu meski melakukannya di tempat umum.


Tumbuh kembang 3 tahun

Di usia 3 tahun pertambahan berat badannya kurang lebih 2 kg/tahun, dengan tinggi badan 1,5-2 kali tinggi saat lahir.

Perkembangan motorik kasar :

  • Mampu berdiri dengan satu kaki selama 2 detik (kemampuan ini terus bertambah seiring pertambahan usia).
  • Melompat di atas benda setinggi 15 cm.
Perkembangan motorik halus :

  • Menarik garis vertikal.
  • Memegang alat tulis menggunakan ibu jari dan jari lainnya.
  • Mewarnai meski masih keluar garis.
  • Menempel stiker di tempat tertentu yang disediakan.
Perkembangan kognitif :

  • Masih berada pada tahap praoperasional (2-7 tahun).
  • Anak belum mampu berpikir logis dan menggunakan pemikiran simbolis atau kemampuan representasional (ditandai dengan permainan khayal, seperti menggunakan piring untuk menyupir mabil).
Perkembangan emosi :

  • Anak merasa cemas saat ditinggal orangtua, berada di lingkungan baru/tidak ada orang yang dikenalnya.
  • Anak mulai cemburu dan merasa semua benda yang dilihat adalah miliknya.
Perkembangan bahasa :

  • Sudah 1.000 kosakata yang dikuasainya meski yang diucapkan tidak sebanyak itu
  • Menguasai kata kepemilikan, pertanyaan, negasi/penolakan.
  • Mengucapkan 2-3 kalimat meski tata bahasanya belum baik.
Perkembangan sosial kemandirian :

  • Mulai memilih teman yang akan diajak bermain.
  • Dapat melabel dirinya laki-laki atau perempuan.
  • Mampu mengategorisasi?membagi-bagi sesuatu.

Tumbuh kembang 4 tahun
Di usia 4 tahun pertambahan berat badannya kurang lebih 2 kg/tahun, dengan tinggi badan 2 kali tinggi saat lahir.

Perkembangan motorik kasar :
  • Mampu berjalan lurus kedepan/belakang.
  • Berdiri di atas papan keseimbangan.
  • Melompat sambil berlari.
  • Menikung dan berhenti secara efektif/terkontrol.
Perkembangan motorik halus :
  • Mampu menggunting mengikuti garis lurus atau zigzag.
  • Mengoordinasikan jari tangan dengan mata.
  • Membuat bentuk persegi empat.
  • Menyelesaikan pasel 4 keping.
Perkembangan kognitif :
  • Anak mampu mengelompokkan benda berdasar warna, bentuk, ukuran.
  • Mulai berlatih berpikir logis (kemampuan ini akan terus berkembang seiring dengan bertambahnyausia anak).
Perkembangan emosi :
  • Mulai mengenal empati.
  • Merasakan kesedihan orang lain.
  • Ia menunjukkan rasa sayang dengan memeluk atau mencium boneka/binatang kesayangan.
Perkembangan bahasa :
  • Kosakata yang dikuasainya lebih dari 1.000, meski yang digunakan tidak sebanyak itu.
  • Tata bahasanya sudah mulai baik, seperti, "Aku mau minum susu cokelat".
  • Ia pun sering menggunakan kata tanya untuk memuaskan rasa ingin tahunya.
Perkembangan sosial kemandirian :
  • Ditandai dengan kemampuan bermain/bergaul dengan anak lain.
  • Menunjukkan perhatian dengan mengeksplorasi/menjelajahi perbedaan jenis kelamin.
  • Mampu memakai/melepas baju tanpa di bantu

Tumbuh kembang 5 tahun
Di usia 5 tahun pertambahan berat badannya kurang lebih 2 kg/tahun, dengan tinggi badan kurang lebih 2 kali tinggi saat lahir.

Perkembangan motorik kasar :

  • Mampu berlari.
  • Menikung dan berhenti dengan terkontrol.
  • Melompat ke depan 10 kali
  • Berjalan di atas papan keseimbangan.

Perkembangan motorik halus :

  • Mewarnai dengan lebih rapi.
  • Melipat pakaian.
  • Menggambar dan menulis.

Perkembangan kognitif :

  • Mampu menyusun menurut rangkaian/urutan tertentu (sequence)
  • Logika berpikirnya makin sistematis.

Perkembangan emosi :

  • Anak mulai "iri hati" (dalam artian ingin memiliki benda/mainan seperti temannya).
  • Kalau sudah mempunyai adik sesekali ia akan menunjukkan rasa cemburu, namun di lain waktu akan menunjukkan rasa sayangnya.

Perkembangan bahasa :

  • Menguasai 1.000-1.500 kosakata
  • Makin lancar berbicara termasuk mgnucapkan huruf yang sulit seperti "r"
  • Menggunakan kata ganti "saya" dan "kamu" dengan tepat tanpa terbolak balik.
Perkembangan sosial kemandirian :


  • Bisa makan sendiri dengan lebih tertib
  • Mandi sendiri
  • Bisa berbagi seperti membagi bekal yang dibawa dengan teman di sekolahnya.
  • Mengucapkan permisi/terima kasih dengan tepat.


Sumber : sisipan tabloid nakita