Senin, 20 Februari 2012

Manfaat Kacang Panjang





Kacang panjang, mungkin salah satu sayuran yang sering kita gunakan dalam memasak. Misalnya untuk sayur asem, sayur lodeh, gado-gado, tumisan dan sebagainya. Namun tahu kah kita, apa manfaat dari kacang panjang itu??

Kacang panjang mengadung betakaroten, vitamin B1 dan B2,vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, klorofil dan juga serat. Jika selama ini kita hanya tau daun katuk untuk mempelancar ASI, maka kacang panjang juga mempunyai fungsi yang sama dengan daun katuk.

Betakaroten dalam kacang panjang berfungsi untuk menurunkan resiko hipertensi, stokr, serangan jantung hingga kanker. Karena itulah, orang yang memiliki resiko kanker dianjurkan utnuk mengonsumsi kacang panjang secara teratur.

Makanan berserat seperti kita ketahui sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Selain itu kacang panjang juga bermanfaat sebagai peluruh kencing (diureti) sehingga baik untuk saluran kemih dan ginjal. Kacang panjang juga dapat menjaga kadar gula darah sehingga baik bila dikonsumsi oleh penderita diabetes. Ketika dikonsumsi dengan taoge, kacang panjang dapat merangsang terbentuknya insulin organik di dalam tubuh yang membantu terserapnya gula darah ke dalam sel-sel darah untuk diedarkan ke seluruh tubuh.

Jadi, jangan ragu lagi untuk menyediakan kacang panjang sebagai menu di rumah kita..