Rabu, 08 Februari 2012

Tahu

Tahu merupakan makanan yang populer bagi masyarakat Indonesia. Selain itu tahu makanan yang bergizi yang mengandung banyak protein. di pasaran banyak berbagai jenis tahu yang diperjualbelikan. Kita tidak tahu bahan-bahan apa yang dicampurkan supaya menjadi tahu yang enak. Berikut ini Cara Membuat Tahu untuk anda yang mudah dan praktis dan yang pasti lebih sehat :




Bahan :
Kacang kedelai (sesuai kebutuhan saja) biasanya aku pakai 3 kg (utk keluarga kecil)
Vinegar (cuka) warna putih atau air kelapa
Kain Belacu (kain bekas karung tepung)

Cara membuat :
1. Bersihkan kedelai, buang yg sudah layu/kisut atau tdk bagus lagi, kalau bisa pilihlah yg bijinya besar.

2. Cuci bersih kedelai lalu rendam dalam air banyak (sampai kedelai tenggelam) selama kurang lebih 6 jam.

3. Setelah itu cuci kedelai terus menerus selama kurang lebih setengah jam. Lalu bagi-bagi kedelai (sesuai dgn kapasitas blender or juicer).

4. Kedelai digiling sampai halus (disini aku menggunakan blender biasa), setelah diblender bisa langsung direbus tanpa perlu memisahkan air dan ampas, selama 15-20 menit dalam wajan yg cukup besar. Jgn terlalu lama membiarkan ampas tahu, begitu penggilingan selesai segera rebus ampas tahu untuk mendapatkan hasil tahu yg bagus (tdk keras).

5. Adonan ampas kedelai yg sudah direbus tadi langsung dituang kedalam kain belacu (yg sudah disiapkan sebelumnya diatas wadah besar dan diikat kuat agar saat menuang adonan rebusan kain tdk jatuh kedalam wadah dan kain juga harus kuat menahan berat adonan.

6. Aduk2/goyang2 adonan terus menerus hingga sari kedelai jatuh kebawah dan adonan tadi cukup kering. Lalu peras ampas kedelai dgn menggunakan air panas, lakukan berulang ulang hingga tidak ada sari lagi yg tersisa diampas kedelai. (Ini yang disebut susu kacang kedelai, pembuatan tahu dapat dimulai dari sini bila punya susu kacang kedelai tawar).

7. Air saringan yg tertampung (biasanya warna kuning atau putih) lalu dicampur dgn asam cuka agar menggumpal, aduk sampai rata (asam cuka bisa digantikan dgn air kelapa).

8. Air asam dipisahkan dari gumpalan2. Gumpalan2 tahu yg mulai mengendap dituangkan dalam kotak berukuran 30x20 cm2 dan dialasi kain belacu.

9. Adonan tahu kotak ditekan selama bbrp saat agar air yg masih tercampur dalam adonan tadi habis. Bila adonan itu sudah padat (yg disebut tahu), sudah dpt dipotong2 dan simpan dikulkas, dan siap diolah setiap saat.

Selamat mencoba.


Nantikan resep terbaik dan terbaru lainnya di blog ini yang pasti enak, lezat, halal, cepat dalam penyajian, untuk sarapan ataupun berbuka bagi seluruh keluarga, untuk bekal sekolah atau mungkin bisa juga untuk bisnis warung atau rumah makan. Semuanya resep makanan minuman yang ampuh tersebut bisa Anda copy gratis dari blog ini ataupun dari internet.