Selasa, 14 Februari 2012

REBUNG KUAH SANTAN


Ketika saya mengenal rebung, saya sempat heran, "kok tanaman bambu bisa dimakan? Kan bambu keras. Bagaimana cara masaknya?". Tapi setelah dijelaskan bahwa rebung itu merupakan tunas bambu yang bisa dimakan karena empuk dan memiliki rasa yang khas. Awal saya mencicipinya, ada keraguan dalam hati saya. Saya takut bila makan masakan rebung itu, perut saya sakit, namun saya penasaran dengan rasanya. Akhirnya saya mencobanya dan rasa cukup enak. Ketika itu saya mencicipi sayur rebung dengan kuah santan. Kali ini saya akan menuliskan resep rebung kuah santan. Berikut cara membuatnya..



Bahan :
  • 200 gram rebung, iris tipis
  • 1 liter santan dari 1 butir kelapa
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 cm lengkuas di keprek
  • 2 lembar daun salam
  • 1 liter air
  • 2 sendok makan minyak goreng


Bumbu halus :
  • 4 siung bawang merah
  • 4 buah cabe keriting merah
  • 3 butir kemiri, sangrai
  • 1 sendok makan udang kering, seduh lalu tiriskan
  • garam secukupnya


Cara membuatnya :
  1. Rebus rebung dengan air hingga mendidih, angkat dan tiriskan
  2. Tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Masukkan santan, lengkuas, daun salam, gula pasir dan rebung.
  4. Masak rebung hingga mendidih.
  5. Angkat dan sajikan.

Untuk 6 porsi

Selamat mencoba..